Hijau bumi Alam Lestari
 

Si Cantik Troides helena

Kupu-kupu raja atau Troides helena merupakan salah satu kupu-kupu yang ditangkarkan di penangkaran kupu-kupu Green Community. Berdasarkan Appendix II dalam CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999, Troides helena termasuk satwa yang dilindungi.
Morfologi Troides helena jantan dan betina
Kupu-kupu yang mempesona ini termasuk ke dalam famili Papilionidae. Troides helena betina memiliki chepal dengan lengkungan merah di sisi atas, thorax berwarna coklat dan bersisik merah, abdomen umumnya berwarna abu depan berwarna abu-abu, coklat atau hitam. Sedangkan, Troides helena jantan memiliki chepal hitam dengan sisik merah pada masing-masing segmen dan sisi dalam berwarna kuning, sayap abu-abu atau hitam dengan sedikit warna putih. Tanaman ini kupu-kupu cantik ini adalah sirih hutan. So, ulat Troides helena gak mau makan selain daun sirih hutan loh, Geeners.

Kupu-kupu raja ini memiliki peran penting dalam kehidupan, beberapa di antaranya sebagai pollinator, bioindikator lingkungan yang bersih dan tidak tercemar, serta plasma nutfah kekayaan jenis kupu-kupu di Indonesia.

#Hijau Bumi Alam Lestari!

Posting Komentar

  1. Semoga Troides ini bisa terus di lestarikan. karena sangat cantik sekali,,
    seandainya kalau bisa di pelihara pengen juga nih pelihara.. tapi semoga saja bisa terus bisa dilestarikan.

    BalasHapus

 
Top