Hijau bumi Alam Lestari
 

Anggota Green Community di depan Gerbang Kebun Raya Baturraden

11 anggota baru Green Community (angkatan VII dan VIII) mengikuti serangkaian kegiatan penerimaan anggota baru, yaitu Unjuk Kerja yang dilaksanakan di Kebun Raya Baturraden, Kabupaten Banyumas. 

Suasana di Kebun Raya Baturraden
Kebun Raya Baturraden terletak di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Kebun Raya Baturraden berada di kaki Gunung Slamet. Topografi mulai landai berbukit dengan ketinggian ±600-750 mdpl dengan suhu berkisar antara 20-30°C.
Hutan pinus di Kebun Raya Baturraden

Unjuk kerja dapat disebut juga dengan mini penelitian. Setelah mendapat ilmu dan materi dari serangkaian Penerimaan Anggota Baru, anggota Green Community angkatan VII dan VIII mengaplikasikan dan mengembangkannya dalam kegiatan berupa unjuk kerja. Dengan unjuk kerja, angkatan VII dan VIII dapat belajar langsung dari alam melalui kegiatan eksplorasi dan identifikasi biodiversitas yang terdapat di Kebun Raya Baturraden meliputi anggrek, herpetofauna, dan kupu-kupu.
Pengambilan data anggrek

Pengambilan data lingkungan

 Puasa tak menghalangi semangat angkatan VII dan VIII dalam melaksanakan unjuk kerja. Selama tiga hari, dimulai pada hari Sabtu (4 Juli 2015) dengan kegiatan survei lokasi kegiatan di mana terbagi menjadi tiga kelompok pengambilan data, dilanjutkan pada hari Minggu dan Senin (5-6 Juli 2015) berupa eksplorasi dan pengambilan data di ketiga lokasi pengambilan data.

 Pengambilan data dilakukan di sekitar hutan produksi. Calanthe merupakan genus anggrek terbanyak yang ditemukan selama unjuk kerja. Sementara, Ypthima nigricans dan Eurema blanda merupakan jenis kupu-kupu yang paling banyak ditemukan di Kebun Raya Baturraden. Adapun, salah satu spesies katak yang ditemukan adalah Rhacophorus margaritifer.
Rhacophorus margaritifer

Posting Komentar

 
Top