Hijau bumi Alam Lestari
 

Hylarana chalcanota
Hylarana chalcanota
Kingdom : Animalia
Philum : Chordata
Classis : Amphibia
Ordo : Anura
Familia : Ranidae
Genus : Hylarana
Species : Hylarana chalconta
International Name : Schlegel's frog
Nama Lokal : Kongkang kolam

Deskripsi :
Katak ini berukuran kecil sampai sedang dengan tympanium coklat tua. Kulit punggung berbintil kasar, mempunyai lipatan kelenjar dorsolateral dan relatif tertutup seluruhnya oleh bintil-bintil sangat halus yang menyerupai pasir. Jari tangan pertama lebih pendek dari yang kedua. Jenis ini dapat melompat jauh karena kakinya panjan dan ramping dan pada ujung jari kaki mempunyai disk yang jelas dan selaput saling bersambung dari disk jari ketiga sampa pada tepi dalam dari jari kaki kelima. Kulit bagian bawah berbintil kasar. Warna ventral kaki sampai selangkangan dan selaput ada yang merah dan juga biru kehitaman. Katak betina biasanya berukuran 46-60 mm sedangkan katak jantan berukuran 32-44 mm.
Distribusi : 
Suatu jenis yang sangat umum terdapat mulai dari dataran rendah sampai ketinggian yang lebih tinngi di Jawa. Ditemukan Bandung, Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, Gunug Sesuru, MZB 1529, Cibunar, Ujung Kulon;MZB 285, Pasir Datar; MZB 2390,2393, Situ Bagendit, Garut; MZB 2399, Kamojang, Majalaya;MZB 2198, Telaga Ngebel, Ponorogo; MZB 420 Belawan, G. Ijen, Bagelan;MZB 310, Wonosobo, Pegunungan Tengger;MZB 392, Surabaya. Untuk penyebaran luar jawa ditemukan di Lampung, Sumatera Selatan dan Bali.
Habitat :
Jenis ini kadang-kadang mengunjungi manusia, dimana terdapat air, bahkan mulai dari dataran rendah sampai ketinggian di atas 120 m. Tetapi biasanya lebih menyukai genangan air sepeti kolam ikan. Mereka juga seing tinggal di atas tumbuhan yang tumbuh di sekitar atau di dalam air, seperti lotus atau eceng gondok.
Status IUCN :
Least Concern

Posting Komentar

 
Top