Hijau bumi Alam Lestari
 

Odorrana hosii
Odorrana hosii
Kingdom : Animalia
Philum : Chordata
Classis : Amphibia
Ordo : Anura
Familia : Ranidae
Genus : Odorrana
Species : Odorrana hosii
International Name : Poisonous rock-frog
Nama Lokal : Kongkang racun

Deskripsi :
Katak berukuran sedang (jantan) hingga besar (betina), dengan tubuh yang ramping dan sedang serta anggota tubuh belakangnya panjang dan kuat. Ujung jari tangan dan jari kaki meluas menjadi bantalan dan memiliki alur sirkum marginal, jari kakinya berselaput penuh, kulit belakang berbintil halus. Sebuah lipatan kulit yang lemah selalu ada tiap sisinya. Bagian ats kepala dan punggungnya berwarna hijau cerah. Sisinya selalu coklat, dan permukaan atas kakinya coklat terang dengan tanda menyilang yang gelap. Perutnya keabuan atau putih keperakan. Jantan : 45-68 mm, betina : 86-100 mm. Bila dipegang memiliki bau khas seperti langu.
Distribusi :
Ditemukan di Kalimantan, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Jawa. Di kawasan Gunung Ungaran dapat ditemukan di Semirang, Kalisidi, Watuondo, Gunung Gentong, Gunung Cilik, Gajah Mungkur, Kali Kuning, dan Banyuwindu.
Habitat :
Umum di hutan primer, katak ini juga dapat hidup di hutan bekas tebangan yang berdekatan dengan sungai yang masih bersih. Berudu ditemukan disekitar aliran sungai atau anak sungai yang tenang sampai deras dan bersih dengan dasar berpasir terutama disekitar hutan. Di Gunung Ungaran jenis ini paling melimpah terdapat di tipe habitat hutan campuran.
Status IUCN :
Least Concern

Posting Komentar

 
Top