Hijau bumi Alam Lestari
 

Kekayaan jenis orchidaceae, lepidoptera, dan anura


Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas dan berada sekitar 14 km dari Kota Purwokerto, berjarak 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. Kebun raya sebagai tempat atau wadah dengan fungsi utama sebagai lembaga konservasi terus mengalami perkembangan. Selain melakukan usaha koleksi, pemeliharaan dan penangkaran berbagai jenis tumbuhan sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam, sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sarana rekreasi yang sehat, kebun raya perlu mengembangkan diri sebagai kawasan pencadangan sumber daya alam hayati yang mempunyai fungsi konservasi in-situ dan ex-situ.

Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan Green Community, didapatkan hasil bahwa total spesies yang terdapat di Kebun Raya Baturraden adalah 78 spesies, dengan rincian 39 spesies Orchidaceae, 31 spesies Lepidoptera, dan 8 spesies Anura.

Kupu-kupu yang dilindungi dan ditemukan di Kebun Raya Baturraden adalah spesies Troides amphrysus. Spesies ini termasuk ke dalam Appendix II CITES. Spesies yang termasuk ke dalam Appendix II merupakan spesies yang tidak terancam kepunahan, tetapi mungkin akan punah apabila perdagangan terus berlanjut tanpa adanya pengaturan yang ketat dan tegas.

Terdapat spesies langka yang ditemukan  dengan distribusi  yang hanya ditemukan di Jawa Timur , Borneo, dan Flores pada ketinggian 750-840 m tumbuh epifit di batang pohon  dalam hutan yang agak gelap. Spesies tersebut yaitu  Bulbophyllum comberi J.J.Verm. Sedangkan pada anura, terdapat spesies endemic Jawa yaitu Limnonectes kuhlii.

(Annisaa Nurjannah - Oriolus 02)

Posting Komentar

 
Top