Hijau bumi Alam Lestari
 

Hunting odonata dan lepidoptera
Two-point Ungaran Expedition merupakan salah satu kegiatan dari divisi Wetland and Forest Conservation (WFC) Green Community. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Mengambil lokasi di Gunung ungaran, kegiatan two-point ini bertujuan untuk mengetahui keragaman spesies kupu- kupu dan capung di dua titik di lereng Gunung Ungaran. Kedua titik tersebut adalah kawasan sekitar Omah Alas dan kawasan Gentong.

Kegiatan Two-point Ungaran Expedition ini diikuti oleh anggota Green Community yang dibagi menjadi dua tim, yakni tim capung dan tim kupu-kupu. Baik tim kupu-kupu ataupun tim capung dibagi lagi ke dua titik tadi, di kawasan Gentong dan kawasan Omah Alas. Kawasan yang dipilih menjadi titik eksplorasi adalah kawasan yang memiliki aliran air. Ini karena baik capung ataupun kupu-kupu menyukai kawasan perairan dimana terdapat sumber makanan mereka. Pengambilan data dilakukan dengan metode eksplorasi, kami berjalan menyusuri wilayah yang telah ditentukan dan mendata serta mengidentifikasi setiap capung ataupun kupu- kupu yang kami temui. Selain itu kami juga melakukan preservasi (pengawetan) pada beberapa spesies kupu-kupu.

Identifikasi odonata dan lepidoptera

Preservasi kupu-kupu
Selama kegiatan ekplorasi kami menemukan beragam spesies kupu-kupu dan capung. Kupu-kupu tersebut memiliki warna dan corak yang cantik berwarna–warni. Ini menunjukkan bahwa di Gunung Ungaran memiliki keanekaragaman dan kondisi alam yang baik. Karena diketahui bahwa capung dan kupu-kupu merupakan bioindikator kebersihan lingkungan. Untuk itu, agar dapat terus menikmati keindahan capung dan kupu-kupu di masa depan kita harus terus menjaga kelestarian alam kita.
Hijau Bumi Alam Lestari !

(Ani Handayani - Lamproptera 02)

Posting Komentar

 
Top