Hijau bumi Alam Lestari
 


Lokasi Si Gowang

Si Gowang – Unjuk Kerja Angkatan X – merupakan akhir dari serangkaian kegiatan penerimaan anggota baru Green Community. Unjuk kerja yang dilaksanakan selama 5 hari pada 18 – 22 Agustus 2017 ini memilih kawasan Turgo dan Plawangan, Taman Nasional Gunung Merapi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan.

Pelaksanaan Si Gowang  berbentuk penelitian kecil yang terbagi atas beberapa tim dengan konsentrasi yang berbeda; anggrek, tumbuhan lapis bawah, kupu-kupu, dan amfibi. Pengambilan data kekayaan jenis ini dilakukan selama 3 hari yang dilanjutkan dengan identifikasi. 
Ekspedisi lepidoptera
Ngober herpetofauna
Identifikasi spesies
Pengalaman, pembelajaran, dan kenangan baru didapatkan selama kegiatan berlangsung. Pertemuan dengan spesies-spesies endemik dan tidak umum tentu saja membuat kegiatan ini semakin menarik. Anggrek cantik putih Vanda tricolor yang merupakan endemik jagoan TNGM yang kami temukan menjadi pemanis perjalanan. Selain itu, kami juga berhasil menemukan katak Philautus sp. yang termasuk dalam red list IUCN. Ukurannya yang hanya sekecil satu ruas jari.

Semoga perjalanan yang telah dilalui ini dapat menjadi pelajaran yang berharga  J

Tim Si Gowang


Ditulis oleh Ziyan Renaldy

Posting Komentar

 
Top