Rhinocypha fenestrata (capung batu merah jambu)

rhinocypha fenestrata
Rhinocypha fenestrata
Kingdom : Animalia
Philum : Arthropoda
Classis : Insecta
Ordo : Odonata
Familia : Chlorocyphidae
Genus : Rhicocypha
Species : Rhinocypha fenestrata
International Name : Common blue jewel
Nama Lokal : Capung batu merah jambu

Deskripsi 
Capung jantan memiliki tubuh berwarna hitam, begitu pula dengan warna mata majemuk. Sintoraks berwarna hitam dengan pola garis-garis biru pada sisi samping dan merah muda pada sisi atas. Abdomen berwarna hitam, terdapat bercak biru pada sisi samping abdomen di ruas 1-5. Embelan (bagian ujung ekor, berperan dalam kopulasi) berwarna hitam, superior embelan berukuran lebih panjang daripada inferior. Sayap berwarna hitam dan akan terdapat refleksi warna merah jambu jika terkena sinar matahari. (Rahadi, dkk. 2013).
Capung betina memiliki tubuh dengan warna lebih pucat dibandingkan jantan. Mata majemuk memiliki perpaduan warna cokelat gelap pada bagian atas dan cokelat pucat pada bagian bawah. Sintoraks dan protoraks cokelat gelap dengan garis-garis cokelat muda dan hijau muda pucat. Abdomen berwarna cokelat dengan cuping melebar pada ruas 8-10 di sisi samping. Sayap berwarna cokelat transparan dan pterostigma berwarna cokelat kehitaman. Tungkai berwarna cokelat kehitaman (Rahadi, dkk. 2013). Pterostigma merupakan suatu bagian pada sayap serangga yang mengalami penebalan dan berwarna berbeda. Pterostigma sendiri berperan penting dalam fungsi aerodinamik saat capung meluncur (Manolis 2003).

Kebiasaan
Rhinocypha fenestrata memiliki kebiasaan hinggap di ranting atau daun di dekat perairan. Selain itu, spesies ini sensitif terhadap kehadiran manusia (Rahadi, dkk. 2013).

Habitat
Rhinocypha fenestrate banyak ditemukan di sekitar perairan sungai bersih dan mengalir dengan intensitas cahaya matahari sedang. Misalnya di bawah naungan pohon atau bambu. Capung jenis ini banyak muncul pada musim kemarau (Rahadi, dkk. 2013).

Referensi 

Manolis, Tim. 2003. Dragonflies and Damselflies of California. California. University of California Press.
Rahadi, W. S., B. Feriwibisono, M. P. Nugrahani, B. Putri I. D., T. Makitan. 2013. Naga Terbang Wendit: Keanekaragaman Capung Perairan Wendit, Malang, Jawa Timur. Malang. Indonesia Dragonfly Society.
Rhinocypha fenestrata (capung batu merah jambu) Rhinocypha fenestrata (capung batu merah jambu) Reviewed by Green Community on 03.35.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.