Polypedates leucomystax, Katak Kecil Penghuni Pohon Di Musim Penghujan


        Dimusim penghujan seperti saat ini tentu saja banyak hewan hewan seperti reptile dan amfibi bermunculan bukan??? Utamanya jenis amfibi atau katak. Hal tersebut dikarenakan musim hujan yang basah dan lembab adalah saatnya populasi betina atau jantan untuk mencari pasangan dan berkembangbiak .slaah satu katak yang muncul adalah katak pohon

Katak pohon (Polypedates leucomystax) jenis katak yang hidup di pohon. Dalam bahasa Inggris katak ini dikenal sebagai Striped Tree Frog, Four-lined Tree Frog, Common Tree Frog, Banana Frog dan beberapa nama lainnya. Polypedates leucomystax tersebar luas di seluruh Asia Selatan dan Tenggara. Ini tumbuh subur di lahan basah dan hutan. Di perkotaan, P. leucomystax dapat ditemukan di kolam taman, di gedung, dan di jalan.

Polypedates leucomystax atau katak pohon biasa berukuran kecil hingga sedang, dengan panjang total rata-rata 50 mm jantan dan betina dengan panjang total rata-rata 80 mm. Punggung (dorsal) berkulit halus, tanpa lipatan, tonjolan atau bintil-bintil. Warna dasar P. leucomystax adalah variasi warna coklat, mulai dari coklat pucat sampai coklat kuning, coklat kemerahan, coklat abu-abu, atau coklat tua. Di sebagian besar jangkauannya, polanya lazim, dan polanya bervariasi dari berbintik hingga bergaris memanjang. Bentuk polos juga terlihat tetapi tidak seperti biasanya.. Namun, di Bali, bentuk yang paling umum adalah polos, tanpa pola.

Terdapat  suatu garis atau pita gelap kehitaman sampai hitam antara hidung dengan mata, terus ke belakang melewati sisi atas timpanum (gendang telinga) sampai ke bahu. Pita hitam itu dibatasi garis tipis kuning keemasan di sebelah atasnya, terutama dari mata hingga ke bahu di atas timpanum. Garis keemasan serupa itu terdapat pula pada sibir sempit di sisi tangan, dari siku hingga ke sisi lateral (samping) jari-jari tangan; dan di sisi telapak kaki hingga sisi lateral jari-jari kaki. Sisi bawah (ventral) berbintil halus, berwarna putih sedikit keemasan.

Tangan dan paha dengan garis-garis (coreng) miring kehitaman. Jari-jari di tangan berselaput renang setengahnya atau hampir tak ada. Selaput renang di kaki berwarna kehitaman, mencapai ruas jari paling ujung; kecuali pada jari keempat (yang terpanjang), hanya mencapai ruas kedua dari ujung.  Mata besar, menonjol; iris kuning keemasan. Bibir atas keemasan, bibir bawah kehitaman.

https://www.gbif.org/species/2423785

(Putri Fannysa Maharani- 09/Manis)

Polypedates leucomystax, Katak Kecil Penghuni Pohon Di Musim Penghujan Polypedates leucomystax, Katak Kecil Penghuni Pohon Di Musim Penghujan Reviewed by Green Community on 18.38.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.