Takydromus sexlineatus, Si Langsing Berekor Panjang yang Pandai Berlari

Nama ilmiah kadal rumput ini unik. Takydromus sexlineatus, diambil dari Tachydromus yang artinya pelari cepat, dan sexlineatus yang berarti bergaris enam. Kadal rumput ini mempunyai sebutan berbeda-beda di tiap daerah. Orang Sunda menyebutnya orong-orong. Sedangkan dalam bahasa Inggris hewan ini dikenal sebagai Asian grass lizard, six-striped long-tailed lizard, atau long-tailed grass lizard.

Klasifikasi Kadal Rumput

Kingdom                              : Animalia

Phylum                                 : Chordata

Class                                      : Reptilia

Ordo                                      : Squamata

Famili                                    : Lacertidae

Genus                                   : Takydromus

Spesies                                 : Takydromus sexlineatus

International Name             : Asian Grass Lizard

Nama lokal                          : Kadal Rumput



Distribusi

Jenis yang mudah diidentifikasi dari ekor prehensil yang umumnya berukuran tiga (3) kali lebih panjang daripada tubuhnya. Abdomen berwarna putih atau krem dengan garis coklat, hijau, atau hitam di sisi lateral tubuhnya. Memiliki kepala yang kecil dengan moncong yang lancip. Secara umum memiliki lidah berwarna merah muda atau hitam. Pejantan juga memiliki garis putih di sisi lateral tubuhnya, sedangkan betina tidak. Selain itu, penjantan juga dapat memiliki ekor yang lebih tebal dibandingkan dengan ekor betina yang cenderung ramping. Jenis ini tersebar di India, China, seluruh Asia Tenggara termasuk, Thailand dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, jenis ini tersebar di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Habitat

Kadal rumput seringnya ditemukan di sekitar lapangan berumput atau sawah yang mengering, serta semak-semak terbuka dan di hutan dengan tempat terbuka. Kadal ini lebih menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung dan sering ditemukan berlari cepat menyusup di antara rerumputan atau tengah berjemur di atas semak-semak kecil. Sering dijumpai pula beberapa ekor kadal rumput berjemur dengan posisi saling berdekatan di ujung dedaunan atau rerumputan di pagi hari.

Status IUCN

Least Concern

Sumber Pustaka

Auliya, M. (2010). "Takydromus sexlineatus". IUCN Red List of Threatened Species. 2010: e.T178424A7544274. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T178424A7544274.en. Retrieved 20 November 2021.

"'สางห่า' สัตว์ลึกลับจากนิยายและท้องทุ่ง / โดย Beast Master". lokwannee (in Thai). 23 March 2015. Archived from the original on 31 January 2016.

Vosjoli, Phillipe (2001). Green Anoles. Advanced Vivarium Systems, INC. pp. 55–56. LCCN 96-183295.

Purser, Philip A. 2004 The Tiniest Dragon: The Oriental Long-Tailed Grass Lizard Takydromus sexlineatus. Reptilia (GB) (33): 67-71"Long-Tailed Lizard" (PDF). Wilmette Pet Center.

IUCN. 2022. The IUCN Red List of Threatened Species. Version 2021-3. Available at: www.iucnredlist.org.


(Timotius Surya Saputra -  10/Rhizophora mucronata)

Takydromus sexlineatus, Si Langsing Berekor Panjang yang Pandai Berlari Takydromus sexlineatus, Si Langsing Berekor Panjang yang Pandai Berlari Reviewed by Green Community on 02.10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.