Occidozyga lima, Si Bancet Hijau Penghuni Perairan Dangkal dengan Suara Khas

Sebagai penghuni sawah dan rawa, Bancet Hijau jantan bersuara siang maupun malam, terutama ketika hari teduh. Bunyinya: cik-keeet-cik... cik..keeet-ciket-ciket.... atau, keet... ket-ket-ket-ket-ket. Sering pula bersahut-sahutan seperti paduan suara.

Klasifikasi Bancet Hijau

Kingdom                              : Animalia

Phylum                                 : Chordata

Class                                      : Amphibia

Ordo                                      : Anura

Famili                                    : Dicroglossidae

Genus                                   : Occidozyga

Spesies                                 : Occidozyga lima

International Name             : Indonesian Floating Green Puddle Frog

Nama lokal                          : Bancet hijau

 

Distribusi

Merupakan suatu jenis yang memiliki karakter morfologi bertubuh pendek terdapat corak bintik-bintik yang menutupi tubuhnya seperti mutiara. Memiliki tekstur kulit yang kasar seperti kulit jeruk. Tubuh nya berwarna kecoklatan dan agak  kehijauan. Mata menonjol , dan memiliki selaput penuh pada jari kaki. Jenis ini tersebar di berbagai daerah seperti Bangladesh, Kamboja, China, Hong Kong, India, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, jenis ini tersebar di pulau Sumatra, Jawa, dan Bali.

Habitat



Jenis ini umumnya hidup pada habitat dengan vegetasi yang rimbun di dekat perairan dangkal seperti sawah, sungai, atau rawa. Memiliki kebiasaan untuk mengapung di atas permukaan air yang tenang atau beristirahat di antara vegetasi sekitar perairan.

Status IUCN

Least Concern

Sumber Pustaka

Chan, H . (2013). Phylogeography and cryptic diversity of Occidozyga lima (Gravenhorst 1829). (Thesis). University of Hong Kong, Pokfulam, Hong Kong SAR. Retrieved from https://dx.doi.org/10.5353/th_b5060583

Van Dijk, P.P.; Iskandar, D.; Lau, M.W.N.; Ermi, Z.; Baorong, G.; Haitao, S.; Dutta, S.; Sengupta, S. & Uddin Sarker, S. (2004). "Occidozyga lima". 

The IUCN Red List of Threatened Species. (2022). doi:10.2305/IUCN.UK.2004.RLTS.T58411A11775632.en.


(Timotius Surya Saputra -  10/Rhizophora mucronata)

Occidozyga lima, Si Bancet Hijau Penghuni Perairan Dangkal dengan Suara Khas Occidozyga lima, Si Bancet Hijau Penghuni Perairan Dangkal dengan Suara Khas Reviewed by Green Community on 02.03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.