Hemidactylus platyurus, Si Cicak Tembok Berbadan Kecil dan Ramping

Seperti yang kita tahu Hemidactylus platyrus atau cicak tembok merupakan sejenis reptil dari suku cecak (Gekkonidae). Dalam bahasa Inggris disebut flat-tailed house-gecko, seperti tercermin dari nama ilmiahnya, platyura (dari bahasa Yunani platus pipih, ura ekor). Cicak tembok ini tentunya banyak yang tau bukan?? Karena cicak ini banyak ditemukan area pemukiman. Cicak jenis ini  menyebar luas dikawasan Asia Tenggara umunya di daerah Myanmar, Vietnam, Thailand, Semenajung Malay, hingga Indonesia mulai dari Sumatra, Borneo dan Jawa.

Cicak tembok ini memilki panjang total hingga 135 mm dan separuhnya adalah ekornya. Ciri yang khas adalah adanya jumbai kulit sempit di sepanjang sisi tubuh, di tepi belakang tangan dan kaki, serta di sisi ekor; yang membedakannya dari jenis-jenis cecak yang lain. Jumbai di ekor berupa tonjolan lunak serupa duri berderet-deret hingga ke ujung. Jari-jari dengan pelebaran kulit serupa selaput yang tampak jelas. Sebuah garis kehitaman tipis berjalan mulai dari depan mata, melewati timpanum, bahu, sisi perut (berbentuk serupa renda) hingga ke pinggul. Ventral (sisi perut) keputihan atau kuning. Ekor memipih lebar, meruncing di ujung.

(Putri Fannysa Maharani- 09/Manis)

Hemidactylus platyurus, Si Cicak Tembok Berbadan Kecil dan Ramping Hemidactylus platyurus, Si Cicak Tembok Berbadan Kecil dan Ramping Reviewed by Green Community on 18.18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.