Ancaman Cemaran Mikroplastik


Mikroplastik berarti plastik yang berukuran kecil sekitar 5mm. Terbentuknya mikroplastik berasal dari produk berbahan plastik yang mengalami penguraian oleh makhluk hidup khususnya mikroorganisme, cahaya, oksidasi pada suhu sedang dan hidrolisis.

Mikroplastik ini telah teridentifikasi mencemari hampir di berbagai wilayah laut Indonesia . Bahkan hasil riset terbaru dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melaporkan bahwa garam hingga ikan teri yang diambil dari perairan Indonesia juga telah tercemar mikroplastik.

Temuan ini sungguh sangat mengkhawatirkan karena garam merupakan bumbu yang hampir dikonsumsi setiap hari oleh penduduk Indonesia. Bila ikan teri yang berukuran kecil saja saja telah terkontaminasi, bisa diperkirakan ikan-ikan lain yang berukuran besar juga ikut terkontaminasi melalui rantai makanan. Ujung dari rantai makanan tersebut adalah manusia.

Karena ukurannya yang kecil, di laut mikroplastik dapat masuk ke dalam tubuh biota laut. Mekanisme yang utama diduga melalui pencernaan, baik secara aktif (contohnya ikan memakan mikroplastik karena menduga benda tersebut adalah makanannya) atau pasif (filtrasi air secara pasif atau memakan deposit di dasar perairan).

Mikroplastik yang ditemukan di lingkungan umumnya berasal dari kegiatan yang berbasis di daratan (terutama pembuangan limbah rumah tangga dan industri), Serat dari pakaian juga merupakan jenis mikroplastik yang berkontribusi besar terhadap pencemaran mikroplastik melalui proses pencucian. Beberapa penelitian telah memberikan bukti bahwa polimer terlepas dari serat sintetis, seperti nilon, poliester, dan spandeks, selama pencucian kain. Namun tidak menutup kemungkinan kegiatan yang berbasis di lautan (penangkapan ikan, aktivitas pengeboran minyak, kegiatan wisata laut, dan sebagainya)

Jika permasalahan pencemaran ini tidak teratasi ditambah dengan peningkatan jumlah penduduk dunia, maka sangat mungkin bila pencemaran juga dapat tambah meningkat sehingga dampak buruk dari pencemaran ini akan berbalik ke kita juga.

Berikut ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah ancaman cemaran mikroplastik bertambah banyak.

  1. Mengganti penggunaan plastik dengan bahan yang lebih mudah tergredasi sempurna (bioplastik) serta mendukung pengembangan teknologi pembuatan bioplastik tersebut.
  2. Ikut menyuarakan kepada masyarakat sekitar mengenai bahaya penggunaan plastik. Melakukan pengelolaan dan pemisahan jenis sampah agar bisa dilakukan proses lanjutan seperti pembuatan kompos, furnitur, dll.
  3. Nah dari tips di atas, ada ada yang udah kalian terapkan belum? Yukk jaga bumi kita! Kalau kita “ramah” pada bumi, bumi juga akan “ramah” pada kita.

Sumber :

JLPPI (Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia)

JPPL (Jurnal Pengendalian Pencemaran Lingkungan)

Unair News

Kompas.com

(Nurul Huda Am. Zen Arief - 13/ Rhizophora mucronata)

Ancaman Cemaran Mikroplastik Ancaman Cemaran Mikroplastik Reviewed by Green Community on 17.52.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.