Semarak Go Ark 2021 Bersama Green Community: Belajar Banyak Bonusnya

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi teman-teman yang mengetahui Green Community, bahwa kami bukan hanya sebuah organisasi kelompok studi kealaman. Melainkan lebih daripada itu, kita selalu membuat belajar menjadi menyenangkan. Salah satunya melalui kegiatan akhir tahun yang kami ikuti ini, yakni Bulan Go Ark.

Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB bekerja sama dengan Perhimpunan Herpetologi Indonesia kembali menyelenggarakan Gerakan Observasi Amfibi Reptil Kita atau yang biasa disebut "Go Ark". Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong semua kalangan untuk turut serta dalam mengumpulkan data reptil dan amfibi Indonesia. Jadi bukan hanya akademisi melainkan semua orang dari berbagai latar belakang dan profesi memiliki kesempatan yang sama untuk turut menyumbangkan hasil temuan mereka dan dihimpun dalam aplikasi inaturalist.

Untuk mengunggah data di aplikasi inaturalist sebenarnya sangat sederhana, mulai dengan registrasi dan jika kita sudah memiliki data disertai dengan dokumentasi maka mudah saja untuk mengunggahnya dan akan terakumulasi dalam kolom hasil pengamatan kita. Untuk mengunggah pun sebenarnya tidak dibatasi waktu khusus atau bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sepanjang tahun. Hanya saja, setiap tahunnya tetap akan diselenggarakan perlombaan dengan durasi waktu dan kriteria tertentu untuk menambah semangat peserta, seperti pada akhir tahun 2021.


Teman-teman Green Community sangat antusias mengikuti Bulan Go Ark ini. Kami bersama-sama segera mengirimkan draft perencanaan kegiatan kepada panitia sebagai langkah awal dan berupaya menjadi mendapatkan bantuan akomodasi. Kemudian kami kembali memastikan grid sesuai dengan yang disediakan, yakni di daerah yang belum banyak di lakukan pengumpulan data reptil dan amfibinya atau disebut dengan grid into the unkown. Berdasarkan waktu yang telah kami rancang, selanjutnya kami memulai pengamatan dengan peralatan lengkap dan berusaha memastikan tiap spesies yang kami temukan dapat terdokumentasi dengan baik.

Selain mengumpulkan data, kami juga mendapat kesempatan untuk mengikuti cabang lomba lain. Salah satunya yakni lomba fotografi. Dan berdasarkan kekuatan netizen teman-teman Green Community, salah satu peserta dari Green Community memdapat predikat sebagai pemenang favorit berdasarkan perolehan jumlah suka terbanyak.





Jadi sudah tidak diragukan lagi, bahwa bersama Green Community, kita bukan hanya belajar. Melainkan liburan, gratis, dan kalo beruntung dapat hadiah juga loh. Hehe.

(Tristiana Hidayatul Wahidah -  Dipterocarpus 05)

Semarak Go Ark 2021 Bersama Green Community: Belajar Banyak Bonusnya Semarak Go Ark 2021 Bersama Green Community: Belajar Banyak Bonusnya Reviewed by Green Community on 18.25.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.