BERSIH PANTAI TIRANG BERSAMA GREEN COMMUNITY BIOLOGI



        Semarang, 23 Desember 2018 Green Community Biologi Unnes melaksanakan kegiatan sosial lingkungan bersih pantai di kawasan pantai Tirang Semarang. Serangkaian kegiatan bersih pantai  dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh kelompok studi alam MIPA unnes.
        Bersih pantai tergabung dalam program kegiatan utama Rainy Camp 2018. Rainy Camp sendiri merupakan program tahunan GC sebagai wujud peduli terhadap alam dikemas dalam acara camping bersama. Rainy Camp dibuka dengan diskusi mengenai kondisi mangrove di pesisir kota semarang. Penyampaian materi oleh Organisasi Bintari Semarang. Informasi mengenai mangrove bahwa kondisi mangrove perlu dikonservasi lagi mengingat jumlahnya cukup sedikit. Sehingga perlu adanya kegiatan sosialisasi penanaman dan pemberitahuan mengenai pentingnya mangrove untuk kehidupan pesisir kota Semarang.
      Pada malam hari diisi penyampaian materi mengenai kondisi sampah Indonesia tahun 2018. Materi disampaikan oleh Khairin Nurokhim. Sampah menjadi issue global yang menjadi masalah besar apabila tidak teratasi penggunaannya. Indonesia menjadi negara ke-2 pengumpang sampah terbesar dunia. Prestasi yang sangat memprihatinkan dan perlu adanya tindakan nyata untuk mengurangi penggunaan sampah terutama sampah plastik yang susah terurai.
       Melalui program Rainy camp, GC menyalurkan aksi nyata untuk mengurangi sampah pantai Tirang dengan aksi bersih pantai. GC mengajak volounteer dari pecinta alam MIPA untuk aksi terjun langsung di lapangan. Sampah yang diambil diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, yaitu plastik botol, sedotan, kaca dan sampah bebas. Melalui kegiatan ini diperoleh sampah sebanyak () Kg. Sampah hasil kami jual di pengepul dan untuk plastik bebas dibuang ke tempat pembuangan sampah kota semarang.
        Pelajaran yang bisa diterapkan pada kegiatan ini adalah lakukan perubahan kecil untuk tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan sampah dengan cara tidak memakai sedotan plastik, membawa botol minum dan menggunakan totebag/tas untuk berbelanja. Hal kecil apabila terus digalakkan akan membawa perubahan yang besar. Mari bersama merawat bumi dari kerusakan. Salam kami, salam lestari!!
Author : Wahyu Nilam Cahyati




BERSIH PANTAI TIRANG BERSAMA GREEN COMMUNITY BIOLOGI BERSIH PANTAI TIRANG BERSAMA GREEN COMMUNITY BIOLOGI Reviewed by greencommunity biounnes on 05.12.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.