Si Cantik dari Semirang

Curug Semirang merupakan wana wisata air terjun yang berada di Kawasan perhutani, terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Gitungan, desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat. Curug Semirang menjadi wahana wisata yang masih terjaga dan terpelihara habitat aslinya. Air terjun yang masih jernih dan mengalir dengan deras tentunya menjadi habitat flora dan fauna.

Berdasarkan hasil eksplorasi kekayaan jenis  Kawasan Curug Semirang yang telah dilakukan Green Community pada 15 Juli 2019didapatkan hasil bahwa total spesies Lepidoptera sebanyak 40 dengan rincian Lycaenidae 1, Nymphalidae 21, Pieridae 7, Papilionidae 11. 

Ada yang bagus dari spesies yang ditemukan di tempat ini, yaitu kupu ekor layang Papilio helenus. Memiliki ciri-ciri bersayap lebar dan cenderung berwarna gelap metalik yang akan berubah warna jika terkena pantulan sinar matahariPada sayapnya yang disebut Venasi terdapat pola totol-totol putih di bagian bawah sayap kupu-kupu ini dan bercak-bercak putih di atas totol-totolnya, pola Venasi ini merupakan kunci identifikasi dari tiap-tiap kupu-kupu. Kupu-kupu ini berukuran cukup besar.


Curug Semirang terdapat banyak sekali jenis kupu menarik yang perlu dikaji lebih lanjut selain dari aspek kekayaan jenis. Karena kupu mempunyai peran penting untuk keseimbangan ekosistem dan perlu dijaga keberlangsungan hidupnya. 



(Wahyu Nilam C. - Lamproptera 08)

Si Cantik dari Semirang Si Cantik dari Semirang Reviewed by Green Community on 08.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.